Siswa Miskin Istimewa Berebut 30 Beasiswa, Pendaftaran 17-19 Juni 2009

SURABAYA – SURYA-Pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dari keluarga miskin akhirnya direalisasikan oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya.

Berdasarkan rancangan yang ditetapkan, Dindik memutuskan beasiswa personal itu akan diberikan kepada 30 siswa tahun ini se-Surabaya. Para siswa yang mendapat bantuan dana pendukung pendidikan itu masing-masing terdiri 10 calon siswa tingkat SMP, 10 calon siswa SMA, dan 10 calon siswa SMK.

Para calon penerima beasiswa itu adalah siswa kelas VI dan kelas IX yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat SMP dan SMA. Syarat utama yang diberlakukan adalah nilai Unas yang tinggi dan tercatat sebagai warga Surabaya yang memiliki Kartu Identitas Keluarga Miskin (KIKM).

“Tentunya siswa bersangkutan telah lulus yang ditunjukkan dengan ijasah. Sedangkan tolak ukur nilai Unas yang ditetapkan minimal tidak ada nilai yang di bawah 8.00,” kata Sahudi, Kepala Dindik Surabaya, Rabu (6/5).

Bagi para siswa yang merasa bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan tersebut bisa langsung mendaftar ke kantor Dindik Surabaya. Waktu pendafataran hanya tiga hari, yakni mulai 17 hingga 19 Juni 2009. Sedangkan pengumuman siswa yang berhak menerima beasiswa akan disampaikan pada 22 Juni 2009 pukul 12.00 WIB di Dindik Surabaya, Jl Jagir Surabaya.

Penentuan penerimaan beasiswa akan dilakukan dengan seleksi berdasarkan nilai UASBN atau Unas tertinggi. Apabila terjadi kesamaan nilai saat seleksi, maka akan dilakukan perangkingan berdasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), bahasa Inggris. Sebagai proses seleksi terakhir, tim Dindik juga akan melakukan survei langsung ke tempat tinggal siswa calon penerima beasiswa tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dindik Surabaya akan menjalankan program beasiswa baru di tahun ajaran 2009/2010 ini untuk membantu para siswa yang berprestasi dari keluarga miskin.

Siswa penerima beasiswa tersebut bahkan bisa memilih sekolah favorit atau sekolah pilihannya. “Calon siswa dapat memilih sekolah di Surabaya tanpa mengikuti proses PSB (penerimaan siswa baru) Online, baik reguler maupun RSBI,” ujar Ketua Ketua PSB 2009 Surabaya Ruddy Winarko, Rabu (6/5).

Sedangkan dari bantuan dana yang diberikan, selain untuk biaya sekolah, siswa juga bisa memanfaatkan dana tersebut untuk aktivitas penunjang pendidikan seperti untuk pembelian perlengkapan sekolah mulai seragam hingga kelengkapan lain, biaya kegiatan ekstra kurikuler hingga biaya untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

“Selama ini banyak siswa dari keluarga tidak mampu yang sulit bersekolah karena tidak memiliki biaya sama sekali untuk kebutuhan sekolah, walaupun sekolahnya gratis. Melalui program beasiswa ini kami berharap anak-anak berprestasi itu tidak lagi memikirkan masalah biaya, meskipun orangtua mereka tidak mampu,” kata Sahudi. rey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: