Dua Mitos Mengenai Sukses

Saya akan mengungkap 2 mitos tentang sukses. Mungkin Anda akan terkejut dan tidak percaya terhadap apa yang saya tulis. Atau mungkin Anda akan protes. Sebaliknya, jika Anda setuju dan percaya terhadap apa yang saya tulis maka Anda sungguh sudah memiliki pemahaman dan pencerahan dalam pencapaian sukses. Mitos adalah suatu keyakinan yang kebenarannya tidak bisa dibuktikan. Apa dua mitos sukses yang saya maksud? Pertama: “sukses harus dengan kerja keras”. Kedua: “orang sukses adalah orang yang terampil atau pintar”. Saya akan tunjukan bahwa kedua hal ini sebenarnya hanya mitos.

Jika sukses dihasilkan dari kerja keras, maka akan banyak milioner di setiap sudut kota. Tahukah Anda banyak pedagang yang berdagang dari subuh sampai larut malam namun tidak kaya-kaya? Padahal mereka sudah berdagang puluhan tahun. Tahukah Anda ada pedagang bambu yang membawa segerobak bambu dengan didorong dari desa jam 1 malam agar sampai di kota pagi hari? Apakah mereka kaya? Tidak.

Sementara, ada dua tukang bakso. Sama-sama bekerja keras mendorong gerobak bakso dari padi sampai malam. Anehnya yang satu sukses dan memiliki rumah makan bakso sendiri, sementara tukang bakso lainnya tetap mendorong gerobak dengan penghasilan jauh dibawah temannya. Apa yang salah? Padahal keduanya sama-sama bekerja keras?

Apakah kita tidak perlu kerja keras untuk sukses? Tentu saja sangat perlu. Tapi bukan satu-satunya dan bukan penyebab utama sukses.

Mitos kedua ialah masalah keterampilan. Betulkah lebih terampil akan lebih sukses? Bisa jadi Anda lebih terampil dibanding bos Anda. Banyak orang yang berkgelar MBA tetapi “tidak bisa” bisnis. Malah lulusan SDTT (SD Tidak Tamat) bisa sukses bisnis. Ini adalah realitas dan fakta, bahwa lebih pintar dan lebih terampil tidak menjamin Anda sukses.

Apakah tidak perlu terampil untuk sukses? Tentu saja sangat perlu. Jika Anda ingin sukses, salah satu syaratnya ialah Anda harus mengerti ilmunya dan terampil. Tetapi bukan satu-satunya penyebab sukses.

Lalu apa penyebab utama sukses? Sukses tidaknya Anda akan ditentukan oleh pola pikir Anda. Jika Anda sudah memiliki pola pikir yang benar, maka kerja keras akan mengikuti. Keterampilan yang diperlukan akan Anda miliki dalam perjalanan menuju sukses.

Jadi yang benar adalah:

Think and Grow Rich

17 responses to this post.

  1. tapi saya juga percaya bahwa rejeki itu ada jatahnya bagi masing2 orang…misteri, qodho dan qodar

    Balas

    • setuju sekali bang nurrahman,
      memang rejeki kita ditetapkan oleh qodho dan qodar,
      namun kita harus berusaha dan bertindak untuk menggapai rejeki kita.
      Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung.Amien

      Balas

  2. sepakat mas…!
    yu mari kita tukeran link..

    Balas

  3. setuju kak’, sedikit tambahan dari opini aku ya, “orang yang sukses adalah orang yang mampu melihat dengan jelas akhir dari tujuan yang ingin dia capai..”

    Balas

    • betul juga de nita,
      diantaranya memang “orang yang sukses adalah orang yang mampu melihat dengan jelas akhir dari tujuan yang ingin dia capai..”
      mungkin masih banyak lagi pendapat dari sobat2 blogger di dunia ini.
      salam sukses yaa

      Balas

  4. Posted by Diradja on 3 Februari 2010 at 02:52

    yups.. setuju sekali, pola pikir memang sgt menentukan sukses tidaknya seseorang.
    dan sekalian ijin bertukar link ya om..

    Balas

  5. Posted by OZYRAY on 17 April 2010 at 21:07

    Betul, aku setuju bos…

    Balas

  6. artikel yg sangat bagus.
    memang betul kata bung nurahman18 sekeras apapun bekerja bila belum saatnya ya hasilnya cuma gitu2 aja. tapi yang penting tetap semangat
    oia bolehkah tukeran link

    Balas

  7. Posted by nico on 6 Juli 2010 at 16:51

    kalau menurut saya kesuksesan itu lebih banyak dipengaruhi kepekaan membaca situasi…sepintar apapun orang dan sekeras apapun usahanya kalau tidak bisa membaca situasi dengan baik ya percuma saja… tapi kalau seseorang yang bisa membaca situasi dengan baik, dengan sedikit upaya dilakukan dengan menyesuaikan dengan situasi pasti membuahkan hasil…🙂

    Balas

  8. Posted by Diradja on 10 Oktober 2010 at 03:10

    Lupa yaa om.. Link saya belum dipasang lho..
    Link Anda udah nempel erat…
    salam sukses,

    Balas

  9. Betul setuju, kadang sukses sering terhalangi oleh pola pikir kita yang sempit. Makanya di sini kita perlu mentor orang sukses.

    Agenpru Online
    Mentoring untuk menjadi sukses

    Balas

  10. Nice blog .

    Balas

  11. artikelnya sangat menarik,,
    memang benr pola pikir yang benar,
    maka kerja keras akan mengikuti.

    Balas

  12. jadi ingat pas diklat prajabatan.. ada materi pola pikir tumbuh..
    tapi perlu juga diingat, barang siapa yg ingin sukses didunia harus dengan ilmu, yg ingin sukses akhirat juga dengan ilmu, yg ingin keduanya harus juga dgn ilmu🙂

    Balas

  13. “SUKSES SELALU UNTUK ANDA”

    Balas

  14. hakikat sukses di dunia ini cuma sementara. raihlah sukses di akhirat juga.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: